Sunday, January 4, 2015

Bagi-bagi Resep

Hi semua....
Selamat Natal 2014 dan Selamat Tahun Baru 2015...

Sudah beberapa tahun ke belakang, liburan Natal dan Tahun Baru saya diisi dengan kegiatan memasak dan membuat kue. Di saat-saat ini, ada semacam keharusan menyediakan makanan karena (siapa tahu) ada kerabat maupun teman yang mengunjungi. Alasan lainnya, anggota inti keluarga saya juga senang makan. Itu artinya, kalau makanan atau kue yang disajikan enak, maka keberadaan makanan atau kue itu tidak akan lama, sebaliknya kalau kurang enak, makanan atau kue itu tetap habis tetapi butuh waktu agak lama, hehe. 

Perlu saya informasikan bahwa saya ini koki pemula dan musiman, hanya pada saat liburan Natal dan Tahun Baru membuat kue. Saya juga dibantu oleh seorang asisten koki, kakak saya sendiri. Tahun ini, karena tidak mengikuti aturan, akhirnya kakak saya tidak dilibatkan. Sebagai gantinya, mama saya yang membantu. Lebih tepatnya, mama saya yang jadi koki, saya asisten koki yang gambaran kerjanya menakar bahan, membentuk adonan dan memanggan adonan dengan alat pemanggang listrik. Saya bisa berbangga karena hanya sayalah yang selalu mendapatkan tanggung jawab penuh untuk hasil pemanggangan adonan. Kakak dan mama saya takut kesetrum, hehe.

Kamu harus tahu karakteristik pemanggang kue yang kamu punya. Saya menggunakan pemanggang listrik bermerk Sharp. Jika beberapa kali digunakan, saya harus menurunkan temperatur agar kue tidak gosong atau mempercepat waktu pemanggangan, contoh dari 20 menit menjadi 15 menit. 

Berdasarkan pengalaman dan hasil nyata, di sini, saya mau membagi-bagikan resep membuat kue enak (itu pendapat teman-teman dan handai taulan yang mencicipi kue-kuenya tidak pakai jeda :D)!!! Sebelum dibeberkan bahan-bahan apa saja yang digunakan, saya perlu memberikan penjelasan awal bahwa semua bahan di bawah ini tidak dicampur atau dihaluskan menggunakan mixer listrik. Ada pertentangan di antara kami (saya, Mama dan kakak) sebelumnya bahwa menggunakan mixer listrik menyebabkan kue mudah rapuh dan kegagalan lainnya. 

Resep Kue Nastar 
Yang dibuat terlebih dahulu adalah selai nanas. Bahan yang dibutuhkan: 
1 buah nanas (diparut terlebih dahulu)
1 batang kayu manis
10 sdm gula pasir (sesuai selera)

Cara membuat:
1. Masak nanas yang sudah diparut dengan api sedang, lalu masukkan gula pasir dan kayu manis sambil sesekali diaduk hingga tidak berair dan terlalu lengket.
2. Dinginkan, lalu bentuk bulat-bulat, besarnya sesuai selera.

Bahan adonan kue nastar:
250 gr tepung terigu
90 gr gula halus (disesuaikan dengan tingkat kemanisan selai nanas-nya)
50 gr margarine
200 gr mentega wisjman (wajib dipakai untuk melembutkan adonan dan memperkaya rasa)
100 gr parutan keju (tidak wajib)
3 butir telur (kuning telur saja)
100 gr susu bubuk
150 gr tepung maizena
1/4 sendok teh vanili bubuk/esens

Topping: 
sedikit parutan keju (untuk taburan)
1 butir telur (kuning telur saja)
setetes madu/susu kental manis untuk olesan permukaan

Cara membuat: 
1. Kuning telur, margarin dan mentega wisjman dikocok dengan pengocok adonan manual, setelah itu masukkan gula halus.
2.Tepung terigu, maizena, susu bubuk dimasukkan bersama. Boleh dicampur menggunakan tangan, tetapi tidak boleh lama karena suhu tubuh bisa mematangkan sebagian bahan. Adonan sudah bisa dibentuk jika sudah tidak lengket di tangan.
3. Diamkan sebentar, setelah itu ambil sedikit, pipihkan, isi dengan bulatan selai nanas, tutup kembali. Lakukan terus hingga adonan habis.
4. Atur adonan di loyang yang sudah dilapisi margarin tipis-tipis. 
5. Olesi adonan dengan campuran kuning telur dan madu, setelah itu taburi keju parut secukupnya.
6. Panggang adonan pada suhu 150 derajat selama 20 menit.

Resep Kastengel Keju
Bahan yang diperlukan: 
400 gr tepung terigu
2 butir telur (kuning telur saja)
200 gr mentega / margarin
2 sdm susu bubuk
200 gr keju potong, diparut (disesuaikan dengan selera)

Topping: 
1 kuning telur untuk olesan 
keju parut utk taburan secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur dan margarin hingga bercampur rata. 
2. Masukkan tepung terigu, maizena dan keju parut, aduh hingga rata dan tidak menempel di tangan. 
3. Bentuk adonan, atur di loyang yang sudah diolesi margarin. Setelah itu, olesi adonan dengan kuning telur dan taburi keju parut. 
4. Panggang adonan pada suhu 180 derajat selama 20 menit. 


Resep Cheese Stick
Bahan yang diperlukan: 
400 gr tepung terigu
100 gr tepung sagu
250 gr keju potong, diparut
150 gr mentega
1 sdm mentega wisjman
3 butir telur, kocok lepas
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk (jika suka)
air es secukupnya

Cara membuat: 
1. Kocok telur, margarin dan mentega wisjman hingga bercampur rata.
2. Masukkan tepung terigu, tepung sagu, keju potong, garam, kaldu bubuk. Uleni adonan sambil menambahkan air es secukupnya hingga kalis.
3. Ambil adonan secukupnya, pipihkan dan potong dengan alat pembuat pasta.
4. Goreng adonan hingga terbenam semua di dalam minyak goreng. Angkat jika adonan sudah berwarna kuning keemasan.

Resep Choco-chip cookies
Bahan yang diperlukan:
Resep diadaptasikan dari web Patiss.com - Cookies aux pépites de chocolat 

Untuk 50 buah cookies

Bahan yang diperlukan:
- 210 gram mentega/margarine kondisi dingin dan keras, potong-potong seukuran kubus
- 350 gram tepung terigu protein rendah
- 275 gram gula pasir (resep asli 335 gram)
- 2 butir telur
- 25 gram vanilla ekstrak
- 375 gram coklat chips
- 25 gram tepung maizena
- 5 gram baking powder (1 sendok teh)

Cara membuat: 
Kunjungi situs ini Just Try and Taste

Inilah kue-kue yang sudah berhasil kami buat. Mungkin di liburan Natal dan Tahun Baru berikutnya, kami berhasil membuat kue lainnya yang pastinya akan saya bagikan resep dan cara pembuatannya.

Selamat mencoba dan sukses selalu. 

When baking, follow directions. 
When cooking, go by your own taste 
Laiko Bahr








No comments:

Post a Comment

Surat untuk Berondongku

Berondongku yang ganteng dan menarik, Setiap hari saya menyalahkan perasaan ini. Setiap hari pula saya berusaha membenarkan perasaan ini, te...